Call Us : ( +62 )821 3485 1327
Pin BB : 25A87B74
Senin - Jumat : 08.00 - 17.00
Kamis, 05 Desember 2013

Penyakit Degeneratif



Penyakit Degeneratif adalah istilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk, penyakit yang mengiringi proses penuaan, penyakit ini terjadi seiring bertambahnya usia.


Ada sekitar 50 jenis penyakit degeneratif antara lain:
Diabetes melitus tipe 2, stroke, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dislipidemia.
Kanker prostat, kanker usus dan kanker kulit akan selalu menjadi masalah kesehatan utama bagi pria, terutama seiring bertambahnya usia. Beberapa penyakit tertentu seperti stroke, diabetes, dan kanker prostat biasanya dialami oleh pria ketika mencapai usia 40 tahun ke atas.
Beberapa penyakit degeneratif langka,   Palsy Supranuclear Progresif (PSP), Rasmussen’s ensefalitis, Creutzfeltd-Jakob, dan penyakit Wilson Alpers.
Penyakit tulang yang termasuk penyakit degeneratif : low back pain, cervical pain, neck shoulder syndrome dll. Osteoartritis (OA) adalah inflamasi persendian yang disebabkan oleh penipisan dan kerusakan tulang rawan (penyakit sendi degenerative), Arthropathy degeneratif adalah penyakit sendi, biasanya mempengaruhi sendi pinggul.
Ataksia Friedreich merupakan penyakit degeneratif menurun yang menyebabkan kerusakan progresif terhadap sistem saraf sehingga menyebabkan gangguan gait dan masalah berbicara sampai penyakit jantung. Ataksia Friedreich disebabkan kemunduran jaringan saraf pada urat saraf tulang belakang (spinal cord) dan saraf yang mengendalikan gerakan otot pada lengan dan kaki. Urat saraf menjadi tipis dan sel-sel saraf kehilangan serabut myelin.
Penyakit parkinson: sel-sel saraf pada ganglia basalis mengalami kemunduran sehingga pembentukan dopamin berkurang dan hubungan dengan sel saraf dan otot lainnya juga lebih sedikit.
Neurodegenerative disorders lainnya termasuk Penyakit Alzheimer’s, penyakit Huntington’s, dan amyotrophic lateral sclerosis, atau penyakit Lou Gehrig’s serta banyak penyakit mental lainnya.
Asam urat, Obesitas, Hiperlipidemia, Penyakit Jantung Koroner, Kencing Manis.

PENYEBAB PENYAKIT DEGENERATIF
Perubahan pola makan. Faktor gizi atau makanan memiliki peranan yang cukup besar  untuk memicu  terjadinya penyakit degeneratif, terutama  jenis makanan yang mengandung lemak jenuh (saturated fat), garam dan gula, serta bermacam-macam additive seperti monosodium glutamate dan tartrazine dengan kadar yang tinggi. Dengan munculnya tempat-tempat makan junk food hampir di seluruh sudut kota yang menyediakan jasa pelayanan cepat saji dan menawarkan jasa pesan antar secara otomatis merubah gaya hidup masyarakat  ke dalam kebiasaan makan makanan yang berlemak dan rendah serat. Junk food adalah makanan tidak sehat karena memiliki keseimbangan nilai nutrisi rendah. Rendahnya aktivitas fisik akan mempercepat munculnya penyakit degeneratif.

Tips Menghindari Penyakit Degeneratif
Makanlah aneka ragam makanan/4(empat) sehat 5(lima) sempurna
Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi
Makanlah makanan sumber karbohidrat, setengah dari kebutuhan energi
Batasi konsumsi lemak dan minyak
Gunakan garam beryodium
Makanlah makanan sumber zat besi
Berikan ASI saja pada bayi sampai umur 4 bulan
Biasakan makan pagi
Minumlah air bersih, aman yang cukup jumlahnya
Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur
Hindari minum minuman beralkohol dan rokok
Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan
Bacalah label pada makanan yang dikemas

10 TIPS HIDUP SEHAT
Batasi asupan gula (baik camilan, soft drink, coklat dll).
Kurangi asupan purin (dari bahan makanan, mis: jerohan,alkohol, sarden, burung dara, unggas, kaldu daging, emping, tape).
Diet rendah lemak. (lemak tinggi pada kuning telur, keju, kepiting, udang, kerang, cumi, susu dan santan).
Cegah kegemukan (untuk orang Asia BMI ideal = 8.5 – 22.9 kgm2 ).
Hindari asupan garam yang berlebihan.
Berhenti merokok.
Latihan/olahraga harian sekitar 300 kkal perhari atau jalan 3 km.
Tidur 6 jam per hari.
Berhenti minum alkohol.
Medical check up teratur, terutama yang berusia > 40 th, lakukan tiap 3, 6 dan 12 bulanan.

Dari : uripsantoso.wordpress.com/2012/12/08/mengenal-penyakit-degeneratif/
Konsumsi 15 tetes Bio Activa 2 x sehari akan sangat membantu pencegahan penyakit degeneratif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

SHARETHIS